Top 15 Makanan Khas Sunda Yang Melegenda Dan Diburu

0
136

Sebab ini bukanlah minuman keras yang mengandung spiritus, melainkan salah satu macam minuman segar yg cukup menyehatkan jika dikonsumsi. Serasi namanya, sajian pelepas dahaga ini bahan utamanya terbuat dari buah jagung manis yang diblender kemudian diberi gula dan es batu agar semakin menyegarkan. Namun, kini, camilan dengan bahan dasar singkong ini nampak dengan beragam variasi yg berbeda.

Jika Pindang Ikan Patin berbahan dasar ikan patin, maka pindang tulang berbahan dasar iga sapi. Kelebihannya, hidangan di sini. memiliki kuah yang amat membakar lidah. Nah, dalam Palembang, kuliner ini gak dinamai demikian, tapi menjadi laksan. Makanan khas Palembang ini disajikan dalam kuah bersantan, yang membuatnya mirip dengan lontong sayur.

Dikatakan sangat sehat, karena sajian tersebut terbuat dari aneka macam buah-buahan segar pilihan. Foto By @widianiputri077Semua orang tentu amat kenal dengan Sop Buah.

Kopi sibu-sibuKopi sibu-sibu ini berasal dari kopi jenis burdusa yang dihaluskan dengan cara tradisional. Rasanya sangat khas karena dicampur dengan bubuk cengkeh halus dan ditaburi melalui biji ketapang muda. Ikan Komu AsarIkan komu asar ini adalah ikan cakalang yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bamboo lalu diasap selama kira-kira satu jam. Ikan komu asar terkait cocok disantap dengan nasi dan sambal colo-colo.

Kue dengan rasa yang manis, kue penyajian ini patut unik lho. Bali punya minuman tradisional yang sangat segar dan sangat sayang untuk ENDEUSiast lewatkan. Pada Palembang, Sop buah jua menjadi salah satu macam minuman favorit banyak orang, apalagi saat cuaca selagi panas terik.

Tari cokek ialah tari adat tradisional dri Banten khusunya dari kota Tanggerang yang diperkenalkan oleh Tan Sio Kek, seseorang tuan tanah. Tarian ini diiringi dengan lantunan töne Gambang Kromong dimana ialah perpaduan antara alat tonkunst dari dataran Cina serta alat musik khas Tanggerang. Sebagai warisan budaya serta adat, tari adat tradisional dari Banten menjadi ciri khas sebagai identas Banten yang tetap dilestarikan.

Tari adat tradisional ini akhirnya menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan, selain itu tari juga digunakan sebagai hiburan dalam berbagai pokok serta perlombaan. Nasi dan bumbu sum-sum tulang kerbau dimasak secara terpisah, kemudian dicampurkan dengan cara menggorengnya. Setelah digoreng, campuran nasi dan sum-sum lalu dibungkus daun pisang untuk lain dibakar. Setelah kembali ke Banten, Sultan Maulana Hasanuddin memerintahkan juru masaknya tuk membuat olahan daging kambing khas timur tengah ini. Meski tak sama persis, Sultan sangat menyukai masakan tersebut dan menjadi menu wajib kerajaan.

Waktu lantunan Gambang Kromong terdengar, penari yang terdiri untuk 5-7 orang mulai bergerak lemah gemulai mengikuti alunan musik. Keunikan lainnya ialah tarian ini memiliki gerakan perlahan dimana setiap penonton yang ikut menari akan dengan mudah mengikuti pada gerakan.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here