Mau Bayar Tagihan Listrik Pln?

0
297

Bagi pengguna PLN pascabayar, info tagihan PLN yang bisa diakses secara online ini tentu sangatlah bermanfaat. Terlebih jika kantor PLN maupun loket pembayaran listrik berada jauh dari rumah. Bayangkan, kita harus bolak-balik kerumah hanya karena uang yang dibawa tidak cukup untuk membayar tagihan listrik PLN tersebut.

Hal yang pertama harus dilakukan sebelum membayar tagihan listrik yaitu mengetahui terlebih dahulu berapa jumlah tagihan yang harus di bayar. Dulu, penagihan listrik ini biasanya dikirimkan ke rumah pelanggan, lalu dibayarkan ke Kantor Cabang PLN setiap bulan. Dalam perkembangannya, pengecekan dan pembayaran tagihan listrik ini bisa dilakukan langsung melalui gadget Anda.

Cara Cek Tagihan Listrik Online lewat HP android sendiri terbilang mudah dan simpel.
Nah, bagi anda yang belum mengetahui caranya, maka inilah saat yang tepat untuk mengetahuinya. Anda dapat cek tagihan listrik pasca bayar bulan lalu hanya melalui aplikasi di Smartphone. Dengan demikian anda tidak usah repot lagi pergi ke loket pembayaran listrik hanya untuk memeriksa berapa biaya listrik yang harus dibayar.

Selain itu, agar lebih memudahkan lagi, anda juga dapat sekalian melakukan pembayaran listrik pascabayar secara online melalui aplikasi di Smartphone. Saat ini hampir semua aplikasi e-commerce atau mall online sudah memiliki layanan pembayaran tagihan listrik. Pelanggan bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengecek tagihan listrik per bulan sekaligus melakukan pembayaran pascabayar dan prabayar via online.

Pelanggan bisa memilih jenis listrik prabayar ataupun pascabayar yang ditagih per bulan.
Dengan adanya cara cek tagihan listrik online ini pelangganpun tidak perlu lagi takut telat membayar atau bingung membayar listrik. Dengan demikian anda tidak usah lagi pergi ke loket listrik hanya untuk memeriksa tagihan tersebut.

Meskipun terdapat cukup banyak layanan untuk cek tagihan listrik secara offline dengan menghubungi langsung pihak PLN, namun metode ini sudah jarang sekali digunakan. Keuntungan mengecek tagihan listrik dari marketplace tentunya lebih praktis dan mudah. Bahkan, kamu bisa membayar tagihan listrik orang lain selama memiliki data ID Pelanggan.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan promo cashback atau potongan harga ketika membayar. Nantinya cashback dari pembayaran listrik tersebut bisa kamu gunakan untuk pembayaran selanjutnya. Semakin banyak tagihan listrik yang dibayar, semakin besar pula potensi cashback yang akan diterima.

Namun, pembayaran listrik melalui marketplace tersebut akan dikenakan biaya admin yang besarnya bervariasi. Dengan begitu, kamu bisa langsung segera melunasi tagihan tersebut sesuai data yang tertera di aplikasi. Sebelum mengecek tagihan listrik prabayar atau pascabayar tentu pelanggan PLN harus mengetahui jenis sambungan listrik yang digunakan, apakah pra bayar ataukah pasca bayar.

Jika menggunakan pra bayar maka tagihan listrik tidak bisa dicek karena pelanggan diharuskan mengisi saldo listrik dahulu sebelum menggunakan jasa. PLN sendiri menyebut sistem ini sebagai listrik pintar karena pelanggan dianggap dapat mengendalikan pemakaian listrik. Pelanggan juga bisa memilih pembelian pulsa token listrik mulai dari Rp20.000,- sampai dengan Rp1.000.000,-.

Pada sistem ini pelanggan juga tidak akan terkena biaya keterlambatan karena langsung bergantung dengan pembayaran awal. Berbeda dengan listrik pascabayar yang terus menyala, akan menimbulkan penunggakan tagihan saat telat membayar listrik bulanan. Denda akan sangat merugikan pengguna, karena denda akan terus berlanjut saat listrik telat bayar selama beberapa bulan.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here